cara mengurus bpjs pindah faskes

Hello, Sobat Mastah Kita! Apakah kamu sedang bingung bagaimana cara mengurus BPJS pindah faskes? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas dengan lengkap tentang cara mengurus BPJS pindah faskes.

Apa Itu BPJS dan Faskes?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengurus BPJS pindah faskes, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang BPJS dan faskes. BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan faskes adalah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS.

Mengapa Harus Pindah Faskes?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin pindah faskes, salah satunya adalah karena faskes yang sebelumnya kurang memuaskan atau jauh dari tempat tinggal. Jika kamu merasa kurang puas dengan pelayanan dari faskes sebelumnya atau ingin pindah ke faskes yang lebih dekat dengan tempat tinggalmu, maka kamu bisa mengajukan permohonan untuk pindah faskes.

Cara Mengurus BPJS Pindah Faskes

Untuk mengurus BPJS pindah faskes, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Mendaftar ulang di faskes yang baru

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar ulang di faskes yang baru. Pastikan faskes yang kamu pilih sudah bekerja sama dengan BPJS dan memiliki pelayanan yang memuaskan.

2. Mengisi formulir pindah faskes

Setelah mendaftar ulang di faskes yang baru, kamu perlu mengisi formulir pindah faskes yang bisa kamu dapatkan di faskes atau kantor BPJS terdekat.

3. Mengumpulkan dokumen

Setelah mengisi formulir pindah faskes, kamu perlu mengumpulkan dokumen seperti kartu BPJS, identitas diri, serta surat keterangan pindah dari RT atau RW.

4. Menyerahkan dokumen ke faskes atau kantor BPJS terdekat

Langkah terakhir adalah menyerahkan dokumen yang sudah dikumpulkan ke faskes atau kantor BPJS terdekat. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kartu BPJS yang sudah terdaftar di faskes yang baru.

Kesimpulan

Itulah cara mengurus BPJS pindah faskes yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu memilih faskes yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki pelayanan yang memuaskan. Jangan lupa untuk mengisi formulir pindah faskes dan mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan sebelum menyerahkannya ke faskes atau kantor BPJS terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengurus BPJS pindah faskes. Terima kasih telah membaca, Sobat Mastah Kita!