Wed. Jul 24th, 2024
Cara Mengurus Hamster yang Baik dan BenarCara Mengurus Hamster yang Baik dan Benar

Hello Sobat Mastah Kita, bagi kamu yang baru saja membeli hamster sebagai hewan peliharaanmu, pastinya butuh beberapa tips dan trik untuk mengurus hamstermu dengan baik dan benar. Nah, di artikel ini, kita akan memberikan beberapa cara yang mudah dan sederhana agar kamu bisa merawat hamstermu agar tetap sehat dan bahagia.

1. Mempersiapkan Kandang yang Nyaman

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mengurus hamstermu adalah mempersiapkan kandang yang nyaman. Pastikan ukuran kandang cukup besar dan memiliki banyak akses seperti roda, mainan, dan tempat bersembunyi. Kandang harus terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, seperti plastik atau kawat, dan harus mudah dibersihkan.

2. Memberikan Makanan yang Sehat

Makanan hamster harus diberikan dengan porsi yang seimbang dan berkualitas. Kamu bisa memberikan makanan kering atau basah untuk memenuhi kebutuhan hamstermu. Selain itu, jangan lupa memberikan air minum segar setiap hari. Hindari memberikan makanan seperti cokelat atau kacang tanah yang bisa membahayakan kesehatan hamster.

3. Rajin Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang hamster adalah hal yang sangat penting dalam mengurus hamstermu. Kamu perlu membersihkan kandang setiap minggu sekali dengan air dan sabun, lalu keringkan dengan baik sebelum memasukkan hamstermu ke dalamnya. Selain itu, pastikan untuk membersihkan tempat makan dan minum hamster setiap hari.

4. Menjaga Kesehatan Hamster

Merawat kesehatan hamstermu adalah salah satu cara mengurus hamster yang baik dan benar. Kamu perlu membawa hamstermu ke dokter hewan setidaknya sekali dalam setahun untuk memeriksa kesehatannya. Jangan lupa untuk memeriksa gigi, kulit, mata, dan telinga hamstermu secara teratur untuk memastikan kesehatannya.

5. Bermain dan Memberikan Kasih Sayang

Hamster juga butuh perhatian dan kasih sayang dari pemiliknya. Bermain dengan hamstermu setiap hari bisa membantu menjaga kesehatannya dan juga memperkuat ikatan antara kamu dan hamstermu. Kamu bisa membeli mainan atau membuatnya sendiri untuk hamstermu, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanda-tanda emosional hamstermu.

6. Menghindari Stres

Stres bisa membahayakan kesehatan hamstermu, jadi pastikan untuk menghindari situasi yang bisa membuat hamstermu stres. Misalnya, jangan biarkan hamstermu ditempatkan di tempat yang terlalu bising atau terlalu ramai. Selain itu, pastikan juga bahwa kandang hamstermu ditempatkan di tempat yang sejuk dan tenang.

7. Membiasakan Hamster dengan Pemilik Baru

Hamster yang baru saja dibeli perlu dikenalkan dengan pemiliknya secara perlahan. Kamu bisa memberikan makanan atau mainan ketika berinteraksi dengan hamstermu, sehingga hamstermu bisa merasa nyaman dan tidak takut pada kamu. Pastikan juga untuk selalu menghormati waktu tidur hamstermu dan tidak mengganggunya saat sedang tidur.

8. Menyediakan Tempat Tidur yang Nyaman

Hamster bisa tidur sampai 18 jam sehari, jadi pastikan untuk menyediakan tempat tidur yang nyaman untuk mereka. Kamu bisa memberikan bahan seperti serat kayu atau serat kelapa untuk tempat tidurnya. Selain itu, pastikan juga bahwa tempat tidurnya tidak terlalu terkena sinar matahari langsung, sehingga hamstermu bisa tidur dengan nyaman.

9. Memperhatikan Tanda-tanda Sakit

Seperti manusia, hamster juga bisa sakit. Jika kamu melihat tanda-tanda seperti kehilangan nafsu makan, kurang aktif, atau kehilangan keceriaan, segeralah membawa hamstermu ke dokter hewan untuk memeriksanya. Pastikan untuk selalu memperhatikan kesehatan hamstermu secara teratur, sehingga kamu bisa segera mengambil tindakan jika ada sesuatu yang tidak beres.

10. Memahami Kebiasaan dan Karakter Hamster

Setiap hamster memiliki kebiasaan dan karakter yang berbeda-beda, jadi penting untuk memahaminya agar bisa merawatnya dengan baik. Misalnya, hamster Roborovski lebih aktif daripada hamster Rusia, sehingga memerlukan kandang yang lebih besar dan lebih banyak mainan. Selain itu, kamu juga perlu memahami jam tidur hamstermu, sehingga tidak mengganggunya saat sedang tidur.

11. Menghindari Membuang Hamster ke Jalanan atau Hutan

Salah satu hal yang perlu diingat saat mengurus hamstermu adalah tidak membuangnya di jalanan atau hutan. Hamster bukan hewan yang bisa bertahan hidup di alam liar, dan bisa membahayakan dirinya sendiri jika ditinggalkan di luar kandang. Jika kamu tidak bisa lagi merawat hamstermu, cobalah untuk mencarikan orang-orang yang bisa merawatnya dengan baik atau mengembalikannya ke toko hewan peliharaan.

12. Memberikan Ruang Gerak yang Cukup

Hamster adalah hewan yang aktif dan senang bergerak, jadi pastikan untuk memberikan ruang gerak yang cukup untuknya. Kamu bisa membiarkan hamstermu berlari di bola hamster atau membiarkannya menjelajahi ruangan dengan pengawasan. Namun, pastikan bahwa ruangan tersebut aman dan tidak memiliki benda-benda yang bisa membahayakan hamstermu.

13. Mengajak Hamstermu Berinteraksi dengan Hewan Peliharaan Lain

Berinteraksi dengan hewan peliharaan lain bisa membantu menjaga kesehatan dan kebahagiaan hamstermu. Kamu bisa mengajak hamstermu bermain dengan kucing atau anjing, asalkan diawasi dengan baik. Pastikan juga bahwa hewan peliharaan lain tersebut sudah terbiasa dengan hamster, sehingga tidak membahayakan kesehatannya.

14. Memberikan Waktu yang Cukup untuk Hamstermu

Hamster juga butuh waktu untuk sendiri dan beristirahat. Jangan terlalu sering mengganggu atau memegang hamstermu, karena bisa membuatnya stres. Biarkan hamstermu beristirahat dan bermain sendiri di kandangnya, dan jangan lupa memberikan waktu yang cukup untuk tidur.

15. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang hamstermu sangat penting dalam menjaga kesehatannya. Kamu perlu membersihkan kandang setiap hari dengan membersihkan kotorannya dan mengganti serat kayu atau serat kelapa yang kotor. Selain itu, pastikan juga bahwa tempat makan dan minumnya selalu bersih dan tidak ada kotoran atau sisa makanan yang menumpuk.

16. Mengatur Suhu Kandang yang Tepat

Hamster adalah hewan yang sensitif terhadap suhu, jadi pastikan suhu kandangnya selalu stabil dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu yang ideal untuk hamster adalah antara 18-22 derajat Celsius. Jangan biarkan kandang hamstermu terkena sinar matahari langsung atau ditempatkan di tempat yang terlalu bising atau ramai.

17. Menjaga Kesehatan Gigi Hamster

Gigi hamster tumbuh setiap saat, jadi pastikan bahwa kamu memberikan makanan yang dapat membantunya mengasah giginya. Kamu juga bisa memberikan mainan yang dapat membantunya mengasah giginya, seperti ranting kayu atau batu. Selain itu, pastikan juga bahwa gigi hamstermu tidak terlalu panjang atau patah, karena bisa membahayakan kesehatannya.

18. Menghindari Mengangkat Hamster dengan Kasar

Ketika mengangkat hamstermu, pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan hati-hati. Jangan pernah mengangkat hamstermu dengan keras atau meremasnya, karena bisa membuatnya terluka atau stres. Pastikan juga bahwa kamu sudah mencuci tanganmu sebelum mengangkatnya, agar hamstermu tidak terkena bakteri atau kotoran yang bisa membahayakannya.

19. Mempersiapkan Tempat Penampungan yang Baik

Jika kamu harus meninggalkan hamstermu untuk sementara waktu, pastikan untuk mempersiapkan tempat penampungan yang baik untuknya. Tempat penampungan tersebut harus cukup besar dan nyaman, dengan mainan dan tempat bersembunyi yang cukup. Jangan biarkan hamstermu terlalu lama di tempat penampungan tersebut, dan pastikan bahwa kamu memberikan makanan dan air minum yang cukup.

20. Menjaga Kesehatan Mental Hamstermu

Terakhir, salah satu cara mengurus hamster yang baik dan benar adalah menjaga kesehatan mental hamstermu. Kamu perlu memberikan stimulasi yang cukup untuk otaknya, seperti memberikan mainan atau membiarkannya menjelajahi kandangnya. Selain itu, jangan biarkan hamstermu terlalu lama sendirian, karena bisa membuatnya stres atau depresi.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengurus hamster yang baik dan benar. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu bisa merawat hamstermu dengan baik dan membuatnya tetap sehat dan bahagia. Ingatlah bahwa hamster adalah makhluk hidup yang butuh perhatian dan kasih sayang, jadi pastikan untuk memberikan yang terbaik untuknya.

By Laras