cara mengurus kartanu

Hello Sobat Mastah Kita! Kali ini kita akan membahas tentang cara mengurus kartu NU. Sebagai seorang Muslim, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang sangat terkenal di Indonesia. NU memiliki banyak anggota dan pengikut, dan untuk menjadi seorang anggota NU, kita harus memiliki kartu NU terlebih dahulu. Kartu NU ini berguna untuk banyak hal, seperti untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh NU, mendapatkan diskon di toko yang bekerja sama dengan NU, dan masih banyak lagi. Nah, jika kamu belum memiliki kartu NU atau ingin mengurus kartu NU baru, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Syarat Mengurus Kartu NU

Sebelum mengurus kartu NU, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus kamu penuhi:

1. Menjadi Muslim

Syarat pertama untuk mengurus kartu NU adalah kamu harus menjadi seorang Muslim. Karena NU adalah organisasi Islam, maka wajib bagi anggotanya untuk beragama Islam.

2. Memiliki identitas

Syarat kedua adalah kamu harus memiliki identitas, seperti KTP, SIM, atau paspor. Hal ini bertujuan agar NU bisa memverifikasi data dirimu dengan mudah.

3. Mengisi formulir pendaftaran

Syarat ketiga adalah kamu harus mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini bisa kamu dapatkan di kantor cabang NU terdekat atau bisa juga diunduh melalui website resmi NU.

Proses Mengurus Kartu NU

Setelah kamu memenuhi syarat-syarat di atas, maka kamu bisa ikut mengurus kartu NU. Berikut ini adalah langkah-langkah mengurus kartu NU:

1. Datang ke kantor cabang NU terdekat

Langkah pertama adalah datang ke kantor cabang NU terdekat. Jangan lupa bawa identitas diri dan formulir pendaftaran yang sudah kamu isi.

2. Membayar biaya administrasi

Setelah itu, kamu akan diminta untuk membayar biaya administrasi. Biaya administrasi ini bervariasi, tergantung dari kantor cabang NU yang kamu datangi.

3. Proses verifikasi data

Setelah melakukan pembayaran, petugas NU akan memverifikasi data dirimu. Hal ini bertujuan untuk memastikan data dirimu yang tercatat di formulir pendaftaran benar.

4. Pengambilan foto dan pembuatan kartu

Setelah data dirimu terverifikasi, petugas NU akan mengambil foto dirimu untuk dimasukkan ke dalam kartu NU. Setelah itu, kartu NU kamu akan dibuat dan bisa diambil beberapa hari kemudian.

Keuntungan Mengurus Kartu NU

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kartu NU. Berikut ini adalah beberapa keuntungan tersebut:

1. Mengikuti kegiatan NU

Dengan kartu NU, kamu bisa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh NU, seperti pengajian, seminar, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai kegiatan NU di kantor cabang NU terdekat atau melalui website resmi NU.

2. Diskon di toko yang bekerja sama dengan NU

NU juga memiliki program diskon di toko yang bekerja sama dengan NU. Kamu bisa mendapatkan diskon khusus jika membayar dengan kartu NU di toko-toko tersebut.

3. Mendapatkan informasi tentang NU

Dengan memiliki kartu NU, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai NU. Kamu bisa mendapatkan informasi melalui website resmi NU atau melalui kantor cabang NU terdekat.

Kesimpulan

Mengurus kartu NU memang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan memiliki kartu NU, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu sebagai anggota NU dan nikmati semua keuntungannya!