Wed. Jul 24th, 2024
Cara Mengurus Kartu JHT Yang HilangCara Mengurus Kartu JHT Yang Hilang

Hello Sobat Mastah Kita! Apakah kamu memiliki kartu JHT yang hilang dan bingung cara mengurusnya? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan dengan lengkap cara mengurus kartu JHT yang hilang.

Apa Itu Kartu JHT?

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengurus kartu JHT yang hilang, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu kartu JHT. Kartu JHT atau Jaminan Hari Tua adalah salah satu program pemerintah Indonesia untuk memberikan keamanan finansial di masa tua. Setiap pekerja formal Indonesia yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan kartu JHT sebagai bukti keikutsertaan dalam program ini.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kartu JHT Hilang?

Pertama-tama, jika kamu kehilangan kartu JHT, jangan panik. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kehilangan kartu JHT ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di wilayahmu. Kamu bisa datang langsung ke kantor tersebut atau melaporkannya melalui hotline BPJS Ketenagakerjaan.Setelah melaporkan kehilangan kartu JHT, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta kamu untuk mengisi formulir pengajuan penggantian kartu JHT. Formulir ini bisa kamu dapatkan di kantor BPJS Ketenagakerjaan atau bisa juga diunduh melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, sebelum mengisi formulir pengajuan penggantian kartu JHT, pastikan kamu memiliki persyaratan yang dibutuhkan untuk penggantian kartu JHT. Persyaratan tersebut antara lain:

1. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP)

2. Fotokopi buku tabungan atau rekening koran

3. Fotokopi bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

4. Fotokopi NPWP (jika ada)

Proses Penggantian Kartu JHT

Setelah melengkapi semua persyaratan, kamu bisa mengisi formulir pengajuan penggantian kartu JHT dengan data diri yang valid dan jelas. Setelah formulir diisi, kamu bisa menyerahkannya ke petugas BPJS Ketenagakerjaan di kantor tempat kamu melaporkan kehilangan kartu JHT.Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu beberapa hari hingga kartu JHT pengganti kamu siap diambil. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS atau email bahwa kartu JHT pengganti kamu sudah siap diambil.

Kesimpulan

Mengurus kartu JHT yang hilang memang membutuhkan proses yang cukup panjang dan memakan waktu. Namun, sebagai bukti keikutsertaan dalam program Jaminan Hari Tua, kartu JHT sangat penting untuk dimiliki. Oleh karena itu, jika kamu kehilangan kartu JHT, segera laporkan kehilangan tersebut ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk penggantian kartu JHT.

By Laras