Cara Mengurus KTP yang Hilang di Perantauan

Hello, Sobat Mastah Kita! Siapa di antara kita yang tidak pernah kehilangan sesuatu? Mungkin ada yang kehilangan dompet, handphone, atau bahkan KTP. Kehilangan KTP tentu sangat merepotkan, apalagi jika terjadi di perantauan. Namun, jangan khawatir! Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mengurus KTP yang hilang di perantauan dengan mudah dan cepat. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Melapor ke Kepolisian

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah kehilangan KTP adalah melapor ke kepolisian setempat. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan identitas kita. Caranya cukup mudah, Sobat Mastah Kita hanya perlu datang ke kantor polisi terdekat dan menyampaikan kehilangan KTP. Kemudian, polisi akan memberikan surat laporan kehilangan yang bisa digunakan untuk mengurus KTP baru di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Mengurus KTP Baru di Disdukcapil

Setelah mendapatkan surat laporan kehilangan dari kepolisian, langkah selanjutnya adalah mengurus KTP baru di Disdukcapil. Sobat Mastah Kita hanya perlu membawa surat laporan kehilangan, fotocopy KK, dan fotocopy akta kelahiran ke kantor Disdukcapil terdekat. Biasanya proses pengurusan KTP baru memakan waktu sekitar 3-7 hari kerja, tergantung dari kepadatan pendaftar. Setelah KTP baru selesai dibuat, Sobat Mastah Kita bisa langsung membawanya pulang.

Mengurus KTP di Luar Negeri

Bagi Sobat Mastah Kita yang kehilangan KTP di luar negeri, proses pengurusan KTP baru sedikit berbeda. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke kantor polisi setempat dan meminta surat laporan kehilangan. Setelah itu, Sobat Mastah Kita harus menghubungi KBRI/KJRI terdekat untuk mengurus KTP baru. Proses pengurusan KTP di KBRI/KJRI biasanya memakan waktu sekitar 2-3 minggu. Selama menunggu proses pengurusan selesai, Sobat Mastah Kita bisa menggunakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian sebagai pengganti KTP.

Biaya Pengurusan KTP Baru

Tentu ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus KTP baru. Biaya ini bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing Disdukcapil. Namun, secara rata-rata biaya pengurusan KTP baru berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000. Sedangkan untuk pengurusan KTP di KBRI/KJRI, biaya yang dikeluarkan sekitar 50 USD atau sekitar Rp700.000.

Tips Mencegah Kehilangan KTP

Meskipun proses pengurusan KTP baru sudah cukup mudah, tentunya lebih baik jika kita bisa mencegah kehilangan KTP. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan:

  • Selalu simpan KTP di tempat yang aman dan mudah diingat.
  • Buat fotocopy KTP dan simpan di tempat yang berbeda.
  • Gunakan dompet atau tas yang aman dan berkualitas.
  • Jangan meninggalkan dompet atau tas di tempat umum.
  • Jika bepergian ke luar kota atau luar negeri, selalu simpan KTP di tempat yang aman dan mudah diingat.

Kesimpulan

Kehilangan KTP memang bisa membuat kita repot, terlebih jika kehilangan terjadi di perantauan. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah yang telah disebutkan di atas, Sobat Mastah Kita bisa mengurus KTP baru dengan mudah dan cepat. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan tips agar terhindar dari kehilangan KTP. Semoga artikel ini bermanfaat! Terima kasih sudah membaca, Sobat Mastah Kita!