Wed. Jul 24th, 2024
Tata Cara Mengurus STNK Motor yang HilangTata Cara Mengurus STNK Motor yang Hilang

Hello Sobat Mastah Kita! Apakah kamu pernah mengalami kehilangan STNK motor? Jangan panik dulu, karena dalam artikel kali ini kita akan membahas tata cara mengurus STNK motor yang hilang dengan baik dan benar. Simak ulasan berikut ini!

Langkah Pertama: Membuat Laporan Kehilangan

Jika STNK motor kamu hilang, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat laporan kehilangan di kantor kepolisian terdekat. Pastikan kamu membawa fotokopi STNK, fotokopi BPKB, dan KTP saat membuat laporan kehilangan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian.

Langkah Kedua: Membuat Surat Keterangan Kehilangan di Samsat

Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, langkah selanjutnya adalah membuat surat keterangan kehilangan di Samsat. Pastikan kamu membawa dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP, fotokopi STNK yang hilang, fotokopi BPKB, dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Setelah itu, kamu akan mendapatkan surat keterangan kehilangan dari Samsat.

Langkah Ketiga: Mengurus Penggantian STNK

Dengan surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan Samsat, kamu sudah dapat mengurus penggantian STNK motor yang hilang. Kamu dapat mengurusnya di Samsat atau melalui aplikasi Samsat Online. Pastikan kamu membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, BPKB, surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan Samsat, serta biaya penggantian STNK.

Langkah Keempat: Mengurus Penggantian Plat Nomor

Jika plat nomor motor kamu juga hilang bersama dengan STNK, maka kamu juga harus mengurus penggantian plat nomor. Kamu dapat mengurusnya di Samsat atau melalui aplikasi Samsat Online. Pastikan kamu membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, BPKB, surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan Samsat, serta biaya penggantian plat nomor.

Langkah Kelima: Mengurus Penggantian SIM

Jika SIM kamu juga hilang bersama dengan STNK, maka kamu juga harus mengurus penggantian SIM. Kamu dapat mengurusnya di Satpas terdekat. Pastikan kamu membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, STNK yang hilang atau surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan Samsat, serta biaya penggantian SIM.

Langkah Terakhir: Berhati-hati agar tidak Terulang Kembali

Setelah mengurus penggantian STNK, plat nomor, dan SIM, pastikan kamu lebih berhati-hati lagi agar tidak mengalami kehilangan yang sama di kemudian hari. Selalu simpan dokumen kendaraan dengan aman dan jangan biarkan di dalam motor. Selain itu, pastikan juga kamu memasang gembok canggih sebagai pengaman motor agar tidak mudah dicuri.

Kesimpulan

Dalam mengurus STNK motor yang hilang, prosesnya tidak terlalu sulit jika kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas. Yang terpenting adalah jangan panik dan segera lakukan langkah pertama yaitu membuat laporan kehilangan di kantor kepolisian terdekat. Dengan begitu, kamu dapat mengurus penggantian STNK dan dokumen kendaraan lainnya dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

By Laras