Wed. Jul 24th, 2024
Tips Kendalikan Asam Lambung Naik Agar Bebas BeraktivitasTips Kendalikan Asam Lambung Naik Agar Bebas Beraktivitas

Seringkali rangkaian aktivitas harian menjadi terganggu dan tak nyaman lantaran perut terasa sakit akibat maag. Ya, maag memang penyakit yang mudah sekali untuk kambuh apabila faktor-faktor penyebabnya tidak dijaga dengan baik.

Pada dasarnya cairan asam yang diproduksi oleh lambung memiliki peran yang sangat penting untuk mencerna makanan. Hanya saja ketika produksinya berlebih tentunya tidak bagus, karena sifatnya yang asam ia akan dengan mudah mengiritasi apa saja yang dilewatinya.

Pada saat asam lambung naik hingga kerongkongan misalnya ini tentunya sangat berbahaya, karena bisa mengiritasi lapisan tersebut. Bahkan dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius. Termasuk juga penyakit kanker juga dapat terjadi disini, sehingga wajib untuk berhati-hati.

Pada dasarnya asam lambung memang dapat naik dan juga turun, ada beberapa kondisi seperti diantaranya terlalu banyak beban pikiran atau stress juga bisa menjadi penyebab hal tersebut. masalah kesehatan yang satu ini memang harus segera ditangani dengan tepat.

Sebab jika seandainya tidak, maka bisa beresiko tinggi menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Bahkan gejalanya yang kurang nyaman bagi Anda juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Alangkah baiknya untuk mencegah daripada mengobati bukan, untuk itu berikut ini beberapa tips kendalikan asam lambung naik yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Makan teratur, kebiasaan makan tidak teratur ini dampaknya memang cukup fatal. Karena ketika lambung dibiarkan dalam kondisi kosong dalam jangka waktu lama, maka cairan asam yang dikeluarkan oleh tubuh tersebut akan menggenang dan mengiritasi dinding lambung, menyebabkan kondisi yang semakin parah. Bagi Anda yang sering mengalami peningkatan asam lambung, cobalah membiasakan diri makan secara teratur, tak masalah mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, namun lebih sering.
  2. Jangan kebanyakan minum ketika makan, mungkin Anda termasuk orang yang kerap melakukan hal ini, sebaiknya mulai sekarang dihindari, karena ternyata kebiasaan minum sambil makan dapat mengencerkan asam lambung, sehingga membuat makanan akan lebih sulit dicerna. Ketika tubuh mengalami hal ini maka otak yang mendapatkan sinyal akan meningkatkan produksi asam lambung, hal ini tentunya kurang bagus bukan.
  3. Kunyah makanan hingga hancur, banyak orang yang tidak mengunyah makanan yang di konsumsinya hingga benar-benar hancur, sehingga hal ini membuat kinerja lambung juga semakin berat di dalam mencernanya. Membuat tubuh juga akan memproduksi lebih banyak cairan asam tersebut. Inilah mengapa lebih baik makan pelan-pelan karena akan membantu untuk meringankan kerja lambung dalam mencerna makanan.
  4. Tidur miring ke kiri, posisi tidur juga sangat mempengaruhi kesehatan, posisi terbaik ketika tidur adalah dengan miring ke kiri, apalagi bagi yang memiliki gangguan lambung seperti maag. Karena hal ini akan tetap menjaga isi perut tidak sampai keluar, mengingat otot katup yang memisahkan antara lambung dan kerongkongan tetap berada di atas dan cairan lambung tidak akan naik.
  5. Kelola stress dengan baik, stress memang bukan sesuatu yang dapat dihindari, namun setidaknya ia dapat dikelola agar tidak semakin parah. Karena ketika seseorang mengalami stress atau beban pikiran yang terlalu berat hal ini juga akan berdampak pada produksi asam lambung yang kian tinggi. Tentunya bukan hal yang bagus bukan karena bisa memberikan dampak yang serius bagi kesehatan.

Jika Anda mulai merasakan gejala gangguan kesehatan yang satu ini sangat dianjurkan untuk segera mengonsumsi obat guna meredakan asam lambung naik, jika berlangsung terlalu lama dan tak kunjung mereda maka ada baiknya bagi Anda untuk konsultasi dengan dokter, karena jika dibiarkan penyakit semacam ini memang bisa menjadi semakin serius, jangan sampai menyesal.

By Laras