Wed. Jul 24th, 2024
Tips Membeli Mobil SUV Bekas BerkualitasTips Membeli Mobil SUV Bekas Berkualitas

Faktanya memang membeli mobil bekas itu lebih susah daripada yang baru guys! Tidak percaya ? coba saja, bayangkan ketika mencari mobil bekas tidak bisa asal beli saja, harus teliti dalam mencari mana yang masih bagus kualitasnya, kemudian apakah surat suratnya lengkap sampai pada tahap pertimbangan masalah harga.

Dan, prosesnya tidak cukup 1 atau dua hari saja, kecuali memang anda membeli di saudara sendiri, nah kalau di makelar atau di orang lain maka bisa panjang waktunya. Kalau mobil baru, ya tinggal ke dealer hari itu juga sudah terbeli.

Sekarang kita coba bahas mengenai cara menemukan mobil SUV bekas harga terbaik dan kualitas masih oke. SUV yang populer banget di Indonesia misalkan Fortuner, kalau ingin membeli baru bisa dong coba info promo fortuner lumayan buat ngirit bajed.

KOMUNIKASI

Bicaralah dengan penjual dan coba cari tahu sebanyak mungkin tentang mobil tersebut. Tanyakan mengapa dia menjual mobil, lalu tanyakan juga surat suratnya apakah lengkap dari pajak, kemudian STNK, Plat dan lain sebagainya.

Cari tahu apakah mobil pernak mengalami kecelakaan, apakah ada kerusakan besar dan penggantian suku cadang utama apa selama operasinya.

Apakah service berkala rutin dilakukan tepat waktu, jenis oli apa yang digunakan ke mesin dan berapa lama bantalan rem diganti.

Tapi memang, terkadang pertanyaan yang mendetail seperti ini hanya bisa anda tanyakan ketika bertemu kalau lewat chat wa maka bisa jadi jawabanya akan tidak jujur, kalau bertemu langsung maka anda bisa mengira ngira apakah benar atau tidak apa yang anda tanyakan dengan jawaban yang diberikan.

PENGAMATAN KONDISI BODY

Berjalan di sekitar mobil dan amati penampilannya dengan cermat. Perhatikan semuanya, bahkan goresan kecil. Sentuh setiap goresan itu dan rasakan apakah ada penyok atau hanya goresan ringan saja.

Tentu saja kondisi cacat seperti penyok sampai goresan ini membuat anda bisa negosiasi harga lebih rendah lagi, karena untuk membuatnya sempurna lagi memang membutuhkan banyak biaya.

Kemudian ada yang rahasia banget nih dan jarang orang ketahui dimana anda bisa cek kondisi kap atas mobil yang akan anda beli.

Jika permukaannya tidak rata di sana, maka anda dapat langsung menolak untuk membeli mobil seperti itu, karena struktur bodinya sudah berubah drastis ini artinya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan parah, sudah rusak.

Maka dari itu memang, kalau uang anda cukup kami sarankan beli saja SUV yang baru, sekarang pihak Toyota misalkan banyak mengeluarkan varian terbaru dan anda bisa nikmati tawaran menarik berupa promo fortuner terbaru misalkan.

Trik rahasia lainya adalah dalam mengecek kondisi rangka mobil masih bagus atau tidak, anda bisa mencoba mobil tersebut dan melewati genangan air.

Kemudian cek tanda roda yang ada pada genangan air itu, kalau mobil dalam kondisi rangka baik baik saja maka cap roda akan simeteris, nah kalau tidak maka dipastikan mobil itu tidak beres.

Jikapun anda paksakan beli, maka hari hari anda akan dihabiskan dengan biaya service yang tentu saja akan sangat banyak. Periksa bagian bawah bodi mobil dan lengkungan roda mobil apakah ada korosi atau karatan.

PENGECEKAN BAGIAN MESIN

Pindah ke kompartemen mesin, yang tidak kalah pentingnya dengan bodi.

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa pemilik dengan sengaja melakukan manipulasi spedometer jarak tempuh mobil mereka untuk menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Tetapi, pemeriksaan bodi dan mesinlah yang dapat menunjukkan seberapa banyak mobil ini benar-benar sudah menghabiskan waktu dan jarak tempuh.

Periksa mesin dengan hati-hati dari kebocoran oli atau cairan lainnya. Periksa semua sambungan dan selang dari kebocoran, keausan, dan retakan. Periksa radiator untuk kotoran dan kebocoran yang tersumbat.

Kemudian bagian kelistrikan juga jangan sampai anda lupakan, cek pengoperasian starter, lampu depan, dan sinyal belok dengan mesin menyala. Kemudian cek apakah lampu rem, hidup, lampu sen, wifer dan lain sebagainya.

CEK BAGIAN INTERIOR

Ini juga penting, pastikan kondisi interior mobil masih halus dan tidak ada bekas noda apalagi robek bagian jok misalkan. Kalau ada, anda bisa melakukan pengurangan harga dengan alasan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Jika anda ingin interior dalam kondisi sempurna dan masih terbungkus plastik maka membeli SUV Baru adalah pilihan terbaik, sekarang ini di awal tahun 2021 Toyota sedang banyak diskon anda bisa manfaatkan promo fortuner jakarta yang merupakan lokasi penjualan OTR dengan harga paling murah.

By Laras