Wed. Jul 24th, 2024
Vaksin Covid-19 Bagi Lansia, Amankah untuk Dilakukan?Vaksin Covid-19 Bagi Lansia, Amankah untuk Dilakukan?


Sejak awal tahun 2021 ini Indonesia memang sudah mulai melakukan vaksinasi Covid-19, sebagai salah satu upaya untuk segera keluar dari kondisi pandemi yang tidak kunjung berakhir tersebut. vaksinasi ini sendiri memang dijadwalkan akan dilakukan secara bertahap di Indonesia, mulai dari golongan yang diprioritaskan, hingga masyarakat umum sampai semuanya nanti mendapatkan vaksinasi. Apalagi vaksin Covid-19 yang dipesan juga jumlahnya tidak main-main. Ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia agar bisa terlindungi.

Kelompok vaksinasi yang ternyata juga sangat penting adalah lansia, kalangan yang paling rentan untuk terserang penyakit tersebut karena memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah vaksin ini dibuat dengan mengandalkan virus Corona yang sudah dilemahkan, lalu apakah nantinya ketika sudah disuntikkan kepada lansia akan aman bagi mereka? tentu jawabannya adalah aman, karena sudah dilakukan uji coba sebelumnya. justru yang tidak aman adalah ketika lansia dibiarkan keluar rumah begitu saja tanpa mendapatkan vaksinasi sebelumnya.

Sudah ada izin yang dikeluarkan oleh BPOM RI mengenai jaminan keamanan dari vaksin Covid-19 ini, sehingga aman juga digunakan untuk lansia. Diantaranya adalah lansia yang masih sehat dan juga belum pernah terinfeksi oleh virus Corona tersebut. diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi asalkan fisiknya sehat dan tidak sedang dalam kondisi flu juga tidak memiliki alergi terhadap vaksin. Nantinya dapat melakukan vaksinasi didampingi oleh satu orang anggota keluarga. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan vaksinasi ini, diantaranya adalah:

  1. Mencegah agar tidak sampai terserang penyakit Covid-19, manfaat utama yang ditujukan dengan adanya vaksinasi ini memang tidak lain agar nantinya Anda tidak sampai terserang oleh penyakit berbahaya tersebut. karena sudah ada imunitas yang dibentuk untuk mencegah agar penyakit ini tidak sampai menginfeksi tubuh Anda.
  2. Mencegah resiko komplikasi yang disebabkan oleh serangan virus Corona, dengan sudah dilakukannya vaksinasi, sebenarnya juga ditujukan agar nantinya penyakit yang menyerang tersebut tidak membahayakan, atau menyebabkan resiko berbahaya seperti diantaranya adalah komplikasi, sebagaimana yang sering kali terjadi bagi pasien Covid-19.
  3. Mencegah resiko kematian karena Covid-19, adanya vaksinasi juga ditujukan agar pasien yang terserang oleh penyakit tersebut nantinya tidak sampai meninggal dunia. Apalagi memang kasus yang cukup sering terjadi sebelum dilakukan vaksinasi, maka pasien Covid-19 ini akan cepat meninggal dunia, karena kekebalan tubuhnya sama sekali tidak bisa melawan penyakit tersebut.
  4. Mengurangi angka penularan penyakit Covid-19, manfaat selanjutnya adalah untuk mengurangi penyebaran dari penyakit berbahaya tersebut. Apalagi Covid-19 ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan memang cenderung lebih cepat menular dari satu orang kepada orang yang lainnya. Sehingga hal inilah yang membuat banyak orang harus ekstra waspada.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan. Untuk itu alangkah baiknya bagi Anda juga segera ikut melakukan vaksinasi tersebut. Apalagi pemerintah sendiri memang sudah mendatangkan lagi vaksin Covid-19 dalam jumlah yang banyak dari negara produsennya. Biasanya Anda akan mendapatkan sms yang isinya adalah jadwal untuk melakukan vaksinasi, tinggal melakukan registrasi dan mengikuti petunjuk sesuai dengan yang diberikan. Tentunya tak hanya kalangan lansia saja, melainkan anak muda sendiri juga tak kalah penting untuk mendapatkan vaksinasi yang satu ini, sehingga bisa membentuk kekebalan tubuh alami untuk melawan infeksi dari virus Corona. Sehingga kedepannya kita bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Anda juga bisa melakukan vaksinasi mandiri lewat Aido.

By Laras